Selasa 28 Juni 2016 bertempat di Hall Room Hotel Velya Ternate, Bappeda Kota Ternate menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (MUSRENBANG) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2016 – 2021, Musrenbang RPJMD Kota Ternate tahun 2016-2021 dilaksanakan sebagai bentuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RPJMD. RPJMD merupakan penjabaran visi, misi dan program lima tahun kedepan Walikota dan Wakil Walikota terpilih periode 2016-2021.

RPJMD harus menjadi acuan bagi SKPD dalam menyusun Renstra dan menjadi dasar penyusunan RKPD agar tercipta konsistensi dan sinkronisasi dokumen perencanaan dan penganggaran. Kegiatan Musrenbang RPJMD di buka Oleh Walikota Ternate Bapak DR. Burhan Abdurrahman SH.,MM dalam sambutannya Walikota Ternate  menyampaikan bahwa  RPJMD yang akan disusun ini masih mengacu pada program pemerintah sebelumnya, yaitu masih mengacu pada pembangunan infrastruktur serta prioritas pada jasa dan pariwisata. ”Pemukiman bertambah berarti harus memerlukan air bersih, memerlukan industri, memerlukan penerangan, jalan raya dan sebagainya, jadi infrastruktur ini juga menjadi prioritas,”. Sementara di bidang pariwisata, sebagaimana dengan ambisinya agar Ternate masuk dalam kota pusaka dan destinasi dunia.
Dalam acara Pembukaan Musrenbang RPJMD turut dihadiri oleh Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah, Kementerian dalam Negeri (Kemendagri), Indra Baskoro dalam sambutannya beliau mengungkapkan Dokumen Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Ternate, nantinya akan menjadi rujukan bagi daerah-daerah di Indonesia timur. Menurutnya, Kota Ternate sendiri dijadikan sebagai pilot project RPJMD oleh Kemendagri karena ada beberapa komponen yang telah dilaksanakan Pemkot, seperti kesehatan gratis, pembangunan infrastruktur serta pengembangan sektor wisata yang diakuinya menyatu dengan program Presiden Jokowi. ”Dari Irian Jaya, Morotai, Merauke dan sebagainya nanti nggak perlu ke Jakarta, tinggal ke Ternate saja,”

671 total views, 1 views today