Kota Ternate sebagai salah satu kota terbesar di Provinsi Maluku Utara memiliki ciri khas dan karekter sebagai kota pantai dan kota kepulauan, yang mempunyai potensi-potensi sumber daya yang dimiliki menjadikan posisinya menjadi penting dan khusus pula di Provinsi Maluku Utara. Berdasarkan pemahaman tersebut, sangatlah rasional akan diperlukan langkah dan tindakan pemantapan (Reorientasi, Refungsionalisasi, Restrukturisasi, Revitalisasi, dan Reaktualisasi) pembangunan yang harus dilakukan bersama-sama oleh pemerintah Kota Ternate dan partisipasi aktif masyarakatnya serta didukung secara politis oleh pihak legislatif. Dengan demikian pemantapan pembangunan ke depan memerlukan upaya-upaya yang lebih inovatif, cerdas dan terarah, namun tetap ramah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan guna tercapainya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Populasi penduduk Kota Ternate yang terus mengalami peningkatan menimbulkan beberapa permasalahan misalnya ancaman keamanan, pengangguran, kemacetan, pemukiman serta masalah lainnya yang harus dicarikan solusinya. Kota Ternate juga mempunyai tantangan yang harus dihadapi misalnya penyediaan energi,air bersih, penyediaan rumah tinggal yang layak, serta pertumbuhan jumlah penduduk.

Oleh karena itu Pemkot Ternate melalukan penandatanganan nota kesepakatan (Mou) dengan Pemkot Bandung yang dilakukan langsung Walikota Ternate DR.H.Burhan Abdurahman dan Walikota Bandung Ridwan Kamil yang dipusatkan di Kota Bandung.

Penandatangan MoU ini sendiri sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT Kota Bandung yang ke 206 serta tindak lanjut pembentukan forum Asia Afrika Smart City Forum pada peringatan konferensi Asia Afrika ke-60 tahun lalu, dengan penandatangan yang dilakukan diharapkan bisa membuka peluang yang lebih luas antar daerah di Indonesia sebagai solusi atas persoalan yang dihadapi daerah sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan daerah masing-masing.

Pemkot Bandung sendiri, berkeinginan untuk menghibahkan 325 aplikasi smart city kepada daerah yang mebutuhkan itu, termasuk salah satunya Kota Ternate yang ditandai dengan penandatangan MoU tersebut.

413 total views, 1 views today