Berdasarkan Pasal 2 Peraturan Daerah Kota Ternate Nomor 24 Tahun 2008, Bappeda Kota Ternate adalah unsur perencana penyelenggaraan daerah yang dipimpin oleh seorang Kepala Badan, yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah.
Bappeda Kota Ternate mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang perencanaan pembangunan daerah.

Bappeda Kota Ternate dalam menjalankan tugas pokoknya mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang perencanaan daerah;
  2. Pengkoordinasian penyusunan perencanaan daerah;
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang perencanaan pembangunan daerah;
  4. Daerah (RPJMD), dan Rencana Umum Tata Ruang Kota (RUTRK) serta dokumen perencanaan lainnya;
  5. Penyusunan program-program tahunan baik yang dibiayai oleh Pemerintah Kota Ternate, Pemerintah Propinsi maupun Pemerintah Pusat;
  6. Pelaksanaan koordinasi perencanaan-perencanaan dengan seluruh perangkat daerah;
  7. Penyusunan program dan kegiatan seluruh perangkat daerah dalam rangka penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah;
  8. Pelaksanaan koordinasi dan mengadakan penelitian untuk kepentingan perencanaan pembangunan di daerah;
  9. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah;
  10. Penyusunan laporan pelaksanaan pembangunan;
  11. Penyelenggaraan urusan tata usaha badan;
  12. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh kepala daerah.

Untuk mendukung pelaksanaan tata kerja yang termuat dalam Peraturan Walikota Daerah No. 24 Tahun 2008, berikut ini akan dijabarkan uraian tugas jabatan struktural dalam lingkup Bappeda Kota Ternate :

Kepala Bappeda Mempunyai tugas untuk memimpin, merencanakan, mengkoordinasikan, mengatur, membina dan mengendalikan suatu program dalam penyelenggaraan kegiatan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.
Sekretariat, mempunyai tugas melaksanakan pelayanan administratif kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan Badan. Sekretariat mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kegiatan Sekretariat;
  2.  Pelaksanaan urusan umum dan kepegawaian;
  3. Pelaksanaan urusan administrasi keuangan;
  4. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga serta perlengkapan Badan;
  5. Pengumpulan, pengolahan, penyajian data dan informasi Badan;
  6. Pelaksanaan urusan perencanaan dan penyusunan program tahunan Badan;
  7. Pelaksanaan koordinasi perencanaan pembangunan daerah;
  8. Pelaksanaan analisis dan evaluasi serta penyusunan laporan Badan;
  9. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Bidang Penelitian, Pendataan, Evaluasi dan Pelaporan, mempunyai tugas melakukan penelitian, pengumpulan data dan informasi serta melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pembangunan daerah dengan koordinasi, fasilitasi dan mediasi perencanaan pembangunan antar sektor dan bidang penelitian, ilmu pengetahuan dan teknologi, pengendalian serta statistik.

Bidang Penelitian, Pendataan, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kegiatan Bidang Penelitian, Pendataan, Evaluasi dan Pelaporan;
  2. Penyusunan bahan petunjuk teknis operasional di Bidang Penelitian, Pendataan, Evaluasi dan Pelaporan;
  3. Penyediaan data proses pembangunan yang dilaksanakan oleh bidang lain serta melakukan kegiatan penelitian dan kerjasama penelitian sebagai bahan perencanaan pembangunan;
  4. Pelaksanaan pengumpulan, analisis, penyusunan data statistik dan dokumentasi serta penyajian data;
  5. Pelaksanaan penelitian serta penyusunan konsep pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
  6. Penyusunan daftar skala prioritas usulan rencana program/kegiatan;
  7. Penyiapan bahan laporan hasil pemantauan/monitoring pelaksnaaan pembangunan serta menyusun hasil evaluasinya;
  8. Penyiapan bahan dan data penyusunan kebijakan pembangunan daerah;
  9. Penyusunan produk-produk penunjang perencanaan pembangunan daerah;
  10. Pengembangan inovasi baru dalam rangka mencari sistem yang tepat untuk mempercepat proses pencapaian tujuan pembangunan;
  11. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Bidang Perencanaan Pengembangan Ekonomi, mempunyai tugas melakukan perumusan dan penetapan kebijakan pembangunan, koordinasi dan pembinaan program perencanaan pembangunan ekonomi di biudang pertanian, perindustrian dan perdagangan serta koperasi dan pengembangan dunia usaha.

Bidang Perencanaan Pengembangan Ekonomi mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kegiatan Bidang Perencanaan Pengembangan Ekonomi;
  2. Penyusunan bahan petunjuk teknis operasional di Bidang Perencanaan Pengembangan Ekonomi;
  3. Pelaksanaan kegiatan perencanaan pembangunan di Bidang Perencanaan Pengembangan Ekonomi;
  4. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi terkait guna memadukan perencanaan pembangunan di Bidang Perencanaan Pengembangan Ekonomi;
  5. Pelaksanaan inventarisasi permasalahan perencanaan pembangunan Bidang Perencanaan Pengembangan Ekonomi serta merumuskan langkah-langkah pemecahannya;
  6. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian perencanaan pembangunan di Bidang Perencanaan Pengembangan Ekonomi;
  7. Pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan tugas;
  8. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Bidang Perencanaan Pengembangan Sosial Budaya, mempunyai tugas melakukan perumusan dan penetapan kebijakan pembangunan, koordinasi dan pembinaan program perencanaan pembangunan bidang sosial budaya.

Bidang Perencanaan Pengembangan Sosial Budaya mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kegiatan Bidang Perencanaan Pengembangan Sosial Budaya;
  2.  Penyusunan bahan petunjuk teknis operasional di Bidang Perencanaan Pengembangan Sosial Budaya;
  3. Pelaksanaan pengolahan dan analisa data perencanaan pembangunan Bidang Perencanaan Pengembangan Sosial Budaya;
  4. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi terkait guna memadukan perencanaan pembangunan di Bidang Perencanaan Pengembangan Sosial Budaya;
  5. Pelaksanaan inventarisasi permasalahan perencanaan pembangunan Bidang Perencanaan Pengembangan Sosial Budaya dan merumuskan langkah-langkah pemecahannya;
  6. Pelaksanaan perencanaan pengembangan sosial budaya;
  7. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian perencanaan pembangunan di Bidang Perencanaan Pengembangan Sosial Budaya;
  8. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Bidang Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Alam dan Permukiman dan Prasarana Wilayah, mempunyai tugas melakukan perumusan dan penetapan kebijakan pembangunan, koordinasi dan pembinaan program perencanaan pembangunan bidang sumber daya alam dan permukiman dan prasarana wilayah.

Bidang Perencanaan Pengembangan SDA dan Permukiman dan Prasarana Wilayah mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kegiatan Bidang Perencanaan Pengembangan SDA dan Permukiman dan Prasarana Wilayah;
  2. Penyusunan bahan petunjuk teknis operasional di Bidang Perencanaan Pengembangan SDA dan Permukiman dan Prasarana Wilayah;
  3. Pelaksanaan pengolahan dan analisa data perencanaan pembangunan Bidang Perencanaan Pengembangan SDA dan Permukiman dan Prasarana Wilayah;
  4. Pelaksanaan inventarisasi permasalahan perencanaan pembangunan Bidang sumber daya alam, permukiman dan prasarana wilayah serta perumusan langkah-langkah pemecahan masalahnya;
  5. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka perencanaan pembangunan bidang sumber daya alam, permukiman dan prasarana wilayah;
  6. Penyelenggaraan evaluasi kegiatan pembangunan bidang sumber daya alam, permukiman dan prasarana wilayah;
  7. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.